Bongkar Harddisk

Mengenal Teknologi HARD DISK

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

hd6.jpg

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

Sejarah Perkembangan Harddisk

Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992. Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan kecepatan putar harddisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan justru akan merusak fisik dari piringan tersebut.

hd1.jpg

Gambar 1 : Evolusi Teknologi Hardisk Menurut IBM

Dari gambar tersebut dapat dilihat dari tahun 1984 sampai dengan 2006 mendatang, perkembangan teknologi penyimpanan data berkembang cepat. Mulai dari ukuran mikro untuk penggunaan laptop sampai ukuran normal untuk penggunaan PC Desktop.

Trend Perkembangan HardDisk

Trend perkembangan harddisk dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut :

a. Kerapatan Data/Teknologi Bahan

Merupakan ukuran teknologi bahan yang digunakan seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satu satuan persegi. Dalam hal kerapatan data dari awal sampai sekarang terjadi evolusi yang sangat kontras. Pada awal perkembangannya kerapannya sekitar 0.004 Gbits/in2 tetapi pada tahun 1999 labortorium IBM sudah ada sekitar 35.3 Gbits/in2. Tetapi menurut http://www.bizspaceinfotech.com akan diperkenalkan apa yang dinamakan TerraBit density. Harddisk pada awal perkembangannya, bahan yang digunakan sebagai media penyimpan adalah iron oxide. Tetapi sekarang banyak digunakan media thin film. Media ini merupakan media yang lebih banyak menyimpan data dari pada iron oxide pada luasan yang sama dan juga sifatnya yang lebih awet.

b. Struktur head baca/tulis

Head baca/tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Lewat head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik. Head akan mengubah data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Pada proses pembacaan data prosesnya merupakan kebalikannya.

hd2.jpg

Gambar 2 Desain karakteristik kebanyakan head baca/tulis

Proses baca tulis data merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu mekanismenya juga perlu diperhatikan. Dalam pendahuluan sebelumnya terdapat perbedaan letak fisik head dalam operasinya. Dulu head bersentuhan fisik dengan metal penyimpan. Kini antara head dan metal penyimpan sudah diberi jarak. Bila head bersentuhan dengan metal penyimpan, hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen fisik, head yang aus, tentu saja panas akibat gesekan. Apalagi teknologi sekarang kecepatan putar harddisk sudah sangat cepat. Selain itu teknologi head harddiskpun juga mengalami evolusi. Evolusi head baca/tulis harddisk : Ferrite head, Metal-In-Gap (MIG) head, Thin Film (TF) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, Giant Magnetoresistive (GMR) Heads dan sekarang yang digunakan adalah Colossal Magnetoresistive (CMR) Heads. Ferrite head, merupakan teknologi head yang paling kuno, terbuat dari inti besi yang berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis. Teknologi ini diimplementasikan pada pertengahan tahun 1980 pada harddisk Seagate ST-251. Kebanyakan terdapat pada harddisk yang ukurannya kurang dari 50MB. Metal-In-Gap (MIG), merupakan penyempurnaan dari head Ferrite. Biasanya digunakan pada harddisk yang ukurannya 50MB sampai dengan 100MB. Thin Film (TF) heads, berbeda jauh dengan jenis head sebelumnya. Head ini dibuat dengan proses photolothografi seperti yang digunakan pada pembuatan prosessor. (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, head ini digunakan untuk membaca saja. Untuk penulisannya digunakan head jenis Thin Film. Diimplementasikan pada harddisk ukuran 1GB sampai dengan 30GB. Giant Magnetoresistive (GMR) Heads, merupakan penemuan dari peneliti Eropa Peter Gruenberg and Albert Fert. Digunakan pada harddisk ukuran besar seperti 75GB dan kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 Gbits/in2.

Karena teknologi Giant Magnetoresistive (GMR) mulai ditarik dari pasaran, sebagai penggantinya adalah Colossal Magnetoresistive (CMR).

Kecepatan Putar Disk

Kecepatan putar pada jaman awal sekitar 3600RPM. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500RPM dan 5400RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang mempunyai kemampuan tinggi dibuatlah dengan kecepatan 7200RPM yang digunakan pada harddisk SCSI.

Berikut tabel kecepatan harddisk yang diaplikasikan pada berbagai jenis interface yang berberda :

hd3.jpg

3. Kapasitas

Kapasitas harddisk pada saat ini sudah mencapai orde ratusan GB. Hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik, kerapatan data yang semakin tinggi. Teknologi dari Western Digital saat ini telah mampu membuat harddisk 200GB dengan kecepatan 7200RPM. Sedangkan Maxtor dengan Maxtor MaxLine II-nya yaitu harddisk berukuran 300GB dengan kecepatan 5400RPM. Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer biasa.

hd4.jpg

Gambar 3 Sistem kontrol head Pada tiap piringan penyimpan terdapat satu head.

Untuk menjangkau tengah pinggir piringan digunakan sliders sebagai perantaranya.

hd5.jpg

Teknologi Harddisk masadepan

Harddisk dimasa mendatang salah satunya dititik beratkan pada kecepatan akses dan kapasitasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mereduksi komponen mekanis dari fisik harddisknya. Komponen mekanis yang tidak mampu bekerja pada frekuensi tinggi digeser dengan komponen yang bersifat elektris yang mampu bekerja dalam orde MHz bahkan GHz.

Dapat dilihat saat ini sudah dirilis berbagai macam media penyimpan elektronis dalam bentuk kecil. Misalnya USB Drive dan MultiMedia Card. Bila nantinya teknologi ini diterapkan dan dapat harganya terjangkau, kemampuan komputer dari sisi kecepatan akses baca/tulis media penyimpan akan meningkat pesat. Otomatis kemampuan PC Server untuk melayani request dari client akan meningkat.

Berikut Ini Beberapa Rangkuman Referensi Singkat Mengenai Hard Disk ;

INTERFACE HARD DISK IDE (Integrated Drive Electronics) ;

standar lama yang masih ada. Murah, dan terintegrasi dengan MB merupakan alasan teknologi ini teta p ada.Jumlah IDE ada 4 buah tiap MBKoneksi dengan kabel pipih 80 pininterface yang bottleneck dan menghambat panas

SCSI (Small Computer Standard Interface)

Kecapatan 160 mb/detik Jenis SCSI (SCASI I, Wide SCSI, Ultra wide)Menggunakan card tersendiriMB teknologi baru sudah menyertakan card SCSInya .

SCSI biasanya digunakan untuk system server, yang menuntut kinerja tinggi Sistem SCSI dikenal dengan teknologi RAID,sistem penyusunan, penulisan, keamanan dengan beberapa HD.

RAID (Redudancy Array of Independent Disk), merupakan sekumpulan diskdrive yang dianggap oleh OS sebagai drive tunggal.Recovery dan security menjadi prioritas.

 

Pemasangan Harddisk

Kabel IDE terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS

Proses Baca Hardisk

Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut memproses data tersebut menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks yang menambahkan sebuah bit ekstra pada data tersebut.Bit tersebut tidak memakan tempat: Di kemudian hari, saat data diambil, bit ekstra tersebut memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam drive tersebut. Kemudian, drive tersebut menggerakkan head melalui track yang sesuai dari platter tersebut. Waktu untuk menggerakkan head tersebut dinamakan “seek time”. Saat berada di atas track yang benar, drive menunggu sampai platter berputar hingga sector yang diinginkan berada di bawah head. Jumlah waktu tersebut dinamakan “drive latency”. Semakin pendek waktu `seek` dan `latency`, semakin cepat drive tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Saat komponen elektronik drive menentukan bahwa sebuah head berada di atas sector yang tepat untuk menulis data, drive mengirimkan pulsa elektrik pada head tersebut. Pulsa tersebut menghasilkan sebuah medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data. Membaca data memerlukan beberapa proses perekaman. Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya. Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data Anda pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Saat drive tersebut selesai mengecek error pada bit dan membetulkannya jika perlu, ia kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi.

hd8.jpg

Sectors dan Tracks

Tracks adalah bagian dari sepanjanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam.Sedangkan sector adalah bagian dari tracks.Sectors memiliki jumlah bytes yang sudah diatur.

Ada ribuan sector dalam HD

1 sectors normalnya menyimpan 512 byte informasi

hd7.jpg

Bahan Pembuat Hardisk

Saat ini hd dibuat dengan teknologi material media magnetik disebut thin film.Lebih rapat, masa pakainya, kecil, ringan dari bahan oxide

hd10.jpg

Mekanisme Kerja Hard Disk

Proses baca tulis dilakukan oleh lengan hd dengan media Fisik magnetikHead hardisk melakukan konversi bits ke pulse magnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Hard platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic , yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

 

Referensi :

http://www.pcguide.com/ref/hdd/

http://www.fadli.za.net/howto/hardisk.htm

http://www.bizspaceinfotech.com/q0202/hard_drive.htm

http://www.wdc.com

http://www.digit-life.com/articles2/seagate-barr7/

=============================================================

Sumber : http://dedenthea.wordpress.com

Artikel ini hanya copy paste saja buat referensi

 

Aburifqi

25 Tanggapan

  1. terkait hardisk saya memang masih perlu belajar banyak…, apalagi kalau harus sampai bongkar. so bagi siapa saja yang tau teknik atasi hard disk.. send massage for me..ok?

  2. dd Mw Minta BAntuannya kk…tlong krimin tutorial atau Artikel ttg asal mula,Kegunaan,cara kerja, dan perkembangan SCSI hingga saat ini seperti apa..di tunggu Secepatnya y kk…makasih bngt Sblmnya…

  3. Afwan nggak punya, antum tanya om Gugel aja mana tahu ada. Kalau nggak ada Bahasa Indonesia ya cari yang English version.
    Semoga beruntung … 🙂

  4. hai saya mau tanya ada ga tempat kursus belajar perbaiki hardisknya ?? tolong kirim ke email saya ya..perkantoran2009@yahoo.com terimakasih atas informasinya saya tunggu ya??

  5. mas bs g’ harddisk bad sector itu diperbaiki…..?
    ========================================

    Setahu saya Bad sector itu ndak bisa diperbaiki meskipun anda menggunakan low level format. Kalau anda memakai low level format maka yang terjadi adalah bad sector di replace dengan spare track (cadangan) yang dipunyai suatu hardddisk dan itu jumlahnya terbatas. Jadi kalau spare track sudah habis maka bad sectornya ndak bisa dihilangkan(diumpetin maksudnya).

    Jadi kalau harddisk anda sudah ada bad sectornya apalagi dah banyak maka jangan taruh data-data yang penting si itu.

  6. Mas! Menyangkut bongkar HD, beberapa bulan yg lalu, hd saya tidak terbaca oleh boot system. Setelah booting, muncul tampilan “Primary Hard disk 0 not found”, dan yang ianya, HD seakan-akan padam total. tak ada respon. Setelah periksa ke boot sequence, HD terdeteksi “not installed”. Cable, bagus. Connector, bagus. Saya bawa ke service, katanya nggak bisa lagi di perbaiki alias mati total. Rencana saya mau membongkar HD-nya. mungkin ada yg rusak secara mekanis. Mana tahu, datanya bisa diselamatkan. Mas! your suggested plz!
    Plz….Plz…..Plz! Help me!

    Thanx Berat Mas!
    ————————————————
    Itu kalau power sudah masuk terasa berputar nggak harddisknya? siapa tahu motornya kena.
    Kalau masih berputar coba ketika sudah tertancap juga cable datanya (IDE/SATA) dengerin kalau perlu dekatkan telinga kita harusnya da suara krek..krek tanda head harddisk sedang berusaha membaca semakin tua umur nya makin keras suaranya. Kalau tidak terdengar berarti ada masalah.
    Kalau semua itu sudah tapi masih nggak terdetek mungkin controllernya yang rusak (board PCB yang berisi komponen semisal IC dll itu lho). Kalau datanya memang penting coba cari harddisk dengan seri yang sama terus ambil boardnya untuk verifikasi yang ini (tapi hati-hati ya).
    Usahakan kalau data penting di backup dengan media lain semisal CD/DVD.
    Semoga bisa sedikit membantu

    Tidak ada salahnya anda membaca Tulisan ini juga(klik di sini) untuk menambah ilmu tentang HD

  7. Thanx banget mas! Ketika disambung ke power, gak ada reaksi apa2 (semisal suara putaran). Di body HDnya ada LED, biasanya dia saat power masuk, , LED ini akan hidup. Skrg gak lagi. Sayangnya, saya punya 2 HD, yang biasanya saya ganti2 sebagai slave-master. nyatanya dua-duanya mengalami hal yang sama. Padahal HD yang satu sudah lama saya simpan sebagai back up data (not into CD tapi ke HD juga). But at the last, thanx berat mas atas attensinya. itu sudah membantu.
    cheerr
    ——————————————————————————–
    Sama-sama…

  8. Yth, Penulis Redaksi. Kalau Hardis dibuka Coverynya apakah akan Rusak(tidak bisa terbaca lagi). Bukan kah System kerja HD itu sama dengan Disket. HD yang terbuka Penutup coverynya itu apakah dapat dikembalikan seperti semula, HD dapat di pergunakan kembali. mohon Informasinya. Thanks buat semua Team Redaksi “Bongkar Hardisk”

    regards,

    Chandra M
    PT.Puramayungan
    E-mail:chandramadrusdi@yahoo.com
    —————————————————-
    Secara langsung tidak ada hubungannya kalau HD di buka akan rusak..
    Saya dahulu sering repair dan sering buka-buka bahakn di jalankan sambil dibuka wong cuman cover saja kok.
    Karena aslinya dia kedap udara yang penting jauhkan dari segala debu, kotoran termasuk kepegang tangan (disknya) karena lemak tangan bisa nempel.
    Saya juga pernah bersihin HD (disknya) pakai kapas yang halus sekali dan alkohol dan ndak papa tuh..

  9. Mohon bantuan, hardisk adalah piranti yang sangat penting di kantor saya ( kantor notaris ). Setelah kurang lebih 1 tahun, ketika sedang digunakan, tiba-tiba komputer hang, dan lampu loading di cpu nyala terus. Terdengar ada suara tik,tik,tik..

    Apa yang bisa saya lakukan? Sebab data di hardisk itu sangat penting, karena menyangkut dokumen orang banyak, sejak kantor saya dibuka.

    Mohon tutorialnya secara lengkap, kalau bisa dikirim ke email saya : laxita_tri@yahoo.com, kalau tidak disini saja tidak apa-apa.

    Misalnya hardisk saya tidak terselamatkan, apa yang dapat saya lakukan untuk menyelamatkan data-datanya?

    Saya tidak bisa mempercayakan hardisk saya diservis di toko komputer, karena sekali 1 saja data saya bocor, jabatan notaris sebagai pejabat publik dipertaruhkan.

    Kemarin saya coba datangi dan hubungi beberapa jasa servis dan recovery data hardisk, semuanya menyatakan tidak bisa mengerjakan di kantor saya dengan berbagai alasan, oleh karenanya, bantuan bapak sangat saya harapkan.

    Terima kasih,

    Salam..
    —————————————————————–
    Maaf sekali baru direspon, sepertinya kalau sudah bunyi tik-tik-tik itu ada beberapa kemungkinan pak. Mungkin controller si harddisk, yaitu board yang berisi komponen-komponen itu sudah rusak, kalau demikian maka untuk menyelamatkan data penting bapak, carilah harddisk dengan type dan seri yang sama lalu coba verifikasi dengan menukar boardnya tadi. Saya dulu pernah tapi pas zaman harddisk yang jadul dan alhamdulillaah bisa.
    Kemungkinan lainnya head atau disknya sudah rusak, kalau yang ini kayaknya susah untuk diperbaiki bahkan kalau disknya scratch yah berarti wassalam…
    MEmang semboyan yang penting bagi data yang juga penting adalah “Backup Early, Backup Often ! Secara berkala harusnya di backup di CD atau DVD agar kalau ada masalah tidak terlalu berat dan sudah ada cadangannya…

    Saya sendiri tidak terlalu mengenal seluk beluk harddisk karena sudah tidak bergelut lagi dengan repair harrdisk, jadi mohon maaf kalau tidak memberikan solusi…

  10. Gw mo tahu selak beluk dan penanganan hardisk rusak, kalo ada yang tahu dimana saya bisa belajar atau kursus send info ya ke : info@ang9oro.co.cc
    ———————————————-
    monggo yang punya info sila di kirim kealamat diatas

  11. met pg mas,aku mau minta tolg..aku sering mendapati hardis yang mati,tadinya masih muter tp ga terdeteksi trus ada bunyi klik-klik.ap yang pertama yang mesti saya lakukan…aku penya dasar elektronika dan sedikit dasar komputer…mohon bantuan dan kesediaan mas….aku ada 5 hardisk mati…sebelumnya terimakasih..mohon dibales secepatnya
    —————————————————————–
    Ya itu tanda-tanda sudah bermasalah mas….
    Tapi maaf juga saya nggak punya saran lebih lanjuat selain seperti yang saya jawab pada pertanyaan rekan lainnya di atas….

    Mungkin rangkaian (PCB) anda bermasalah….

  12. mas kalo hardisk tiba tiba mati itu knp yah?
    dalam artian komputer lagi hidup tiba tiba hardisk mati..
    kompi mati..
    booting gagal,di bios ga ditek..
    lalu sy test pake hardisk lain di kompi yg sama fine fine aja..

  13. Berarti Hard disknya memang sudah waktunya mati kali yah…udah ajalnya 🙂

  14. mas kalo saya mau ambil cakram harddisk trus mau saya pindahin ke harddisk yang masih jalan ..menurut anda gimana
    kira kira saran dari anda.

    o ya mas ym saya ada di micro_komputer@yahoo.com

  15. minta bantuannya mas…
    Hardisk ku seagate Barracuda 7200.7 40G
    setiap kali aq tancapin ke komputer, pasti komputer itu g mau nyala sama sekali… kemungkinan kerusakan hardisk d bagian apanya ya mas… mohon pencerahannya…

  16. mas saya mau tanya dum..
    waktu komputer saya hidupin tiba2 ada bau gosong dan ada asap nya dikit..
    dan sewaktu saya bongkar ternyata bau tsb dr harddisk
    lalu setelah itu saya nyalakan lagi, tapi harddisk nya ga kebaca itu kenapa ya??
    apakah rusak?? jika rusak datanya bisa diambil lagi tidak??
    Thx…

  17. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  18. jauh amat ? saya beli sofwareya aja dah…?

  19. trimakasih infonya, cukup bermanfaat

  20. infonya bermanfaat makasih

  21. infonya bermanfaat , makasih

  22. ada ga tempat service HD yg bagus di daerah jakarta ?
    HD sy rusak parah ,tapi banyak data penting kantor di situ ,,

  23. mau servis hardisk ga detect atau pengembalian data hardisk, flasdsk, dllsbg…silahkan hbungi Agung: 089623879142
    khusus area semarang dan sekitarnya
    klo mo knsltasi mslh kmpter, slhkan krim email ke: puolkha@gmail.com
    selama bisa, Insya Alloh dibantu…

  24. Bagi teman – teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968 / 081330029001

    http://www.ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses…..teman2…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: